Skip to main content

Alasan Untuk Berpisah Rumah Dengan Orang Tua Setelah Menikah.


1. Bisa mengatur rumah tangga sendiri


Aku mungkin bisa dibilang wanita penurut, tetapi bukan berarti suka di atur terlebih lagi kehidupan baru dalam rumah tangga. Hidup di rumah orang tua/ mertua semua sudah serba teratur dari awal. Mau diubah, pastinya harus izin ini itu.
Apalagi jika tinggal di rumah orang tua atau mertua sampai lahiran anak pertama, umumnya masalah yang timbul adalah soal pengaturan pola asuh. Biasanya pihak ibu akan lebih berpikir mereka lebih paham dan berpengalaman dalam mengasuh anak, sedangkan pihak wanita akan berpikir untuk belajar pola asuh sesuai dirinya sendiri. Hal ini justru dikhawatirkan berdampak buruk pada pola perkembangan anak.
Memangnya kamu mau hidup gak nyaman karena di atur ini itu? Bukannya enggan dicampuri atau sekedar dapat masukan, tapi pastinya mau dong punya sebuah "teritori" yang bisa kita atur-atur sendiri?

2. Bangga Hidup dari Nol

Sebagai pasangan yang sudah menikah, ini adalah waktu yang tepat buat hidup mandiri. Kenapa? Karena kita sudah dewasa, harus belajar mengusahakan segalanya sendiri. Memulai hidup di atas kaki sendiri memang gak mudah, karena jika ada apa-apa harus bisa ditangani sendiri. Dengan hidup dari nol, kita juga belajar mengerti perjuangan orang tua kita membangun rumah tangga dari nol kira-kira 30 tahun lalu

3. Lebih termotivasi kerja

Di rumah sendiri, kita hidup serba tercukupi. Mau nonton sudah ada TV, mau minum es, sudah ada kulkas, mau nyuci sudah ada mesin cuci sendiri.  Dengan hidup mandiri, kita belajar untuk mengumpulkan perabot sendiri. Mau ambil itu, inget cicilan lain belum lunas. Mimpi punya rumah sendiri?
Pastinya dong, gak mungkin khan mau ngontrak seumur hidup.. Mikir lagi persiapan pendidikan anak dan tanggungan lainnya. Hal ini justru akan memotivasi kita untuk kerja lebih giat lagi demi kehidupan yang lebih baik.

4. Belajar menyelesaikan masalah


Dalam rumah tangga pastinya ada masa sulit antara suami dan istri. Enaknya tinggal terpisah, orang tua tidak perlu melihat kalian yang sedang panas dan bertengkar hebat khan? Bisa-bisa nanti malah jadi pikiran mereka. Hal ini pastinya bakal membuat kita malu juga khan? Dengan hidup mandiri, kita akan belajar menyelesaikan masalah sendiri tanpa diketahui orang tua atau saudara lainnya.

"Togetherness is finite. There is nothing like forever. Time ends. At different times for different people. So, we should always be thankful for the time that we spent together" – Aditi Bose, My Dream

Masa sulit tinggal bersama untuk pertama kalinya memang akan terasa berat di awal, tapi semuanya akan jadi kenangan yang tak akan kalian lupakan.

5. Tidak Lagi di Posisi Memilih yang Sulit


Beberapa bulan tinggal bersama orang tua atau mertua, aku melihat pasangan sering berada dalam posisi yang sulit, karena harus adil dan buka  seolah-olah harus memilih salah satu pihak. Meski sebenarnya bukan begitu, tapi kadang aku membuatnya seolah-olah dia harus memilih antara aku dan orang tuanya.
Ya, namanya hidup terkadang ada hal yang tidak memuaskan semua orang atas kesalahpahaman yang terjadi. Ada keuntungan dan kerugian juga jika pasangan kalian anak tunggal/bungsu, karena kalian akan diminta untuk tinggal di rumah orang tua mereka
+ Bisa tambah dekat dengan orang tua pasangan
+ Biaya tempat tinggal bisa ditekan karena ngumpul dengan mertua
+ Biaya listrik, makan, air dll bisa lebih hemat karena satu rumah
- Relationship mertua-menantu antara ayah – suami atau Ibu – istri biasanya agak sensitif. Apalagi jika pasanganmu cewek :")
- Wilayah privasi lebih sedikit

6. Berkembang di Lingkungan baru

Jika sebelumnya kita dikenal sebagai anak Pak Y dan Ibu G, ini saatnya kita akan dikenal masyarakat dengan status baru. Mungkin di tempat baru kamu tidak akan dikenal sebagai anak Pak Y dan Ibu G, karena di lingkungan baru kita akan dikenal sebagai diri sendiri, keluarga kita sendiri.
Jadi, kesimpulan dari ini semua bukanlah hanya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tapi dengan hidup terpisah dari orang tua akan membuat ikatan dirimu dan pasangan akan semakin kuat, mandiri dan pastinya berkembang.
Memang sih untuk melengkapi kebutuhan rumah tangga itu sulit, karena subsidi orang tua tidak akan kita rasakan lagi, tapi jangan dijadikan alasan ya. Hidup terpisah bukan berarti komunikasi dan silahturahmi putus lho, bagaimana pun orang tua dan mertua adalah part yang terpenting bagi kita ;)

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia Perbandingan Produk Apple Dari Masa Emas nya !

Tidak dapat memutuskan untuk menyimpan iPhone 5S Anda atau meningkatkan ke iPhone 6, iphone x, iphone 11 atau hanya ingin tahu mana yang harus dibeli? kami akan memberikan jawaban yang Anda butuhkan

Dengan ponsel  iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, Apple telah bergabung dengan revolusi layar lebar, dengan smartphone terbesar yang pernah ada. Selain itu, masing-masing handset memiliki berbagai fitur upgrade seperti iPhone 5S, yang tetap dijual. Salah satu pertanyaan yang mungkin dimiliki pemilik iPhone 5S adalah, apakah layak untuk ditingkatkan? Itulah yang kami bantu di sini, karena kami memeriksa kedua handset dan memberi Anda semua informasi yang Anda butuhkan untuk mengambil keputusan. Kami memiliki kesempatan untuk meninjau semua telepon secara mendetail, jadi kami siap sepenuhnya untuk mengetahui ponsel mana yang terbaik untuk Anda.
Mengingat ukuran iPhone 5S, kami memutuskan untuk membandingkannya dengan iPhone 6 saja; iPhone 6 Plus adalah handset yang jauh lebih besar yang bersaing d…

Ini Dia Apartemen Murah di Jakarta yang Dapat Anda Miliki

Bagi Anda yang sedang mencari sebuah apartemen yang murah, maka tidak perlu merasa khawatir lagi, karena saat ini ada banyak developer maupun perorangan yang jual apartemen yang dapat untuk Anda beli dengan harga yang memang lah murah. Sedangkan dibalik dari harganya yang murah tersebut pun menjadikan para masyarakat menjadi tergiur untuk membelinya, baik untuk dijadikan sebagai investasi maupun dijadikan untuk tempat tinggal utama. Karena memang apartemen merupakan kebutuhan utama yang wajib untuk dipenuhi dengan sebaik mungkin agar kesejahteraan hidup pun juga terpenuhi dengan baik. 
Jika Anda memiliki sebuah impian untuk memiliki sebuah apartemen, maka tidak perlu merasa bingung lagi dalam hal melakukan pembeliannya, karena sekarang ini sudah ada Developer yang akan menyediakan Anda apartemen dengan harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan melakukan pembelian apartemen ditempat yang lainnya. Karena memang Developer ini sekarang telah menjalin kerjasama dengan pengemban…

Tempat Hangout Asik di Tangsel untuk kamu Penyuka Foto OOTD

Jika kamu tinggal di daerah Tangerang Selatan, baik itu di perumahan atau di apartemen Tangerang Selatan, kamu pasti membutuhkan tempat untuk nongkrong sesekali dengan keluarga atau dengan kerabat kamu untuk sekedar ngopi atau berfoto. Berikut adalah beberapa rekomendasi yang sudah kami kumpulkan. 
1. Unison Cafe: Unison Cafe ini letaknya di Tangerang Selatan, lebih tepatnya di Ruko Golden 8 Blok H/5, Gading Serpong. Dalam cafe ini ada 3 lantai dan semuanya bernuansa tosca dan pink yang instagramable banget. Selain itu, cafe instagramable ini juga menjual aneka makanan dan minuman yang cantik dan tentunya bisa menghiasi Instagram kamu. 
2. Hammock Cafe: Di sini hammock menjadi pengganti kursi, membuat kamu pengunjung pastinya bisa cemal cemil serta ngobrol santai sambil berayun-ayun kecil. 
3. Travel Mie: Travel Mie menjadi tempat nongkrong pembuka yang ada di Tangerang yang akan kita bahas, sebuah tempat nongkrong di tangerang kota yang bener-bener pas banget untuk kamu y…