Skip to main content

Model Bisnis Perusahaan Sukanto Tanoto yang Ramah Lingkungan Jadi Bahan Riset

APRIL grup terkenal dengan pulp dan kertasnya yang tersebar di 75 negara di dunia. Selain itu juga, April grup didirikan oleh seorang pengusaha terkenal bernama Sukanto Tanoto. Karena kesuksesannya di bidang industri, salah satu sekolah di Singapur menjadikan APRIL grup sebagai sumber dari studi kasus mereka. Dalam hal ini, mereka mengangkat tema “Model Perlindungan Produksi untuk Operasi Pulp dan Kertas Berkelanjutan di Riau, Indonesia” dan dalam studi kasus ini menampilkan anak perusahaan milik Sukanto Tanoto, APRIL grup.

 Dalam studi kasus ini, mereka bercerita tentang bagaimana APRIL grup mengambil langkah-langkah untuk menyeimbangkan masalah ekonomi dan lingkungan dari produksi kertas sambil mempertimbangkan banyak pemangku kepentingan, termasuk pemerintah Indonesia, masyarakat lokal, dan konsumen. Selain itu, mereka juga memiliki sebuah model perlindungan produksi. Model perlindungan produksi ini merupakan pendekatan dari APRIL grup dalam pengelolaan lanskap dan masyarakat merupakan bagian dari proses operasi yang berkelanjutan, yang mana mereke bertugas untuk mengidentifikasi, mengelola, dan menyeimbangkn kepentingan berbagai aktor dalam lanskap, memberikan telakan tambahan pada upaua konservasi dan restorasi perusahaan, serta strategi pengelolaan kebakaran. Mereka juga melibatkan masyarakat merupakan aspek penting untuk program Restorasi Ekosistem Riau (RER). RER bekerja dengan masyarakat untuk mencegah degradasi hutan lebih lanjut melalui saluran drainase, perburuan dan pembakaran hewan. RER bekerja dengan LSM lokal seperti Bidara untuk mengajar masyarakat alternatif mata pencaharian seperti pertanian cabe.

Selain pada program RER, APRIL grup juga memiliki strategi pada kebakaran dengan memprioritaskan kolaborasi dan pendidikan masyarakat. APRIL grup sendiri membentuk Program Desa Bebas Api (FFVP) untuk memberikan imbalan infrastruktur ke desa-desa yang menunjukkan rekor bebas api mereka. Selain komunitas, perusahaan juga bekerja dengan pemangku kepentingan lain untuk mendapatkan masukan dan perspektif mereka. Dari perspektif bisnis, mereka ingin memastikan semua praktik mereka berkelanjutan dari waktu ke waktu. Itu berarti mengelola sumber daya untuk ilmu pengetahuan yang paling dikenal untuk memastikan bisnis maju di masa depan.

Selain itu, pada bagian dari komitmen perusahaan untuk keberlanjutan, mereka membentuk Komite Penasihat Stakeholder (SAC) yang terdiri dari para profesional kehutanan dan pembangunan sosial yang independen. Mereka memantau dan memberikan umpan balik dari implementasi Kebijakan Manajemen Hutan Berkelanjutan APRIL (SFMP 2.0). Hal ini diikuti oleh pembentukan Kelompok Kerja Pakar Gambut Independen (IPEWG) yang memberikan perusahaan saran dan penilaian sejawat dalam upaya pengelolaan lahan gambutnya.

Dalam hal ini, penulis Thean berkomentar tentang keterlibatan APRIL terhadap berbagai pemangku kepentingannya bahwa studi kasus ini menceritakan kisah tentang upaya satu perusahaan untuk menyeimbangkan tuntutan pertumbuhan dan keberlanjutan di Sumatra, Indonesia di tengah peraturan pemerintah, pengawasan publik dan tekanan sosial ekonomi.
Dan itulah model bisnis perusahaan Sukanto Tanoto yang ramah lingkungan jadi bahan riset.

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia Perbandingan Produk Apple Dari Masa Emas nya !

Tidak dapat memutuskan untuk menyimpan iPhone 5S Anda atau meningkatkan ke iPhone 6, iphone x, iphone 11 atau hanya ingin tahu mana yang harus dibeli? kami akan memberikan jawaban yang Anda butuhkan

Dengan ponsel  iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, Apple telah bergabung dengan revolusi layar lebar, dengan smartphone terbesar yang pernah ada. Selain itu, masing-masing handset memiliki berbagai fitur upgrade seperti iPhone 5S, yang tetap dijual. Salah satu pertanyaan yang mungkin dimiliki pemilik iPhone 5S adalah, apakah layak untuk ditingkatkan? Itulah yang kami bantu di sini, karena kami memeriksa kedua handset dan memberi Anda semua informasi yang Anda butuhkan untuk mengambil keputusan. Kami memiliki kesempatan untuk meninjau semua telepon secara mendetail, jadi kami siap sepenuhnya untuk mengetahui ponsel mana yang terbaik untuk Anda.
Mengingat ukuran iPhone 5S, kami memutuskan untuk membandingkannya dengan iPhone 6 saja; iPhone 6 Plus adalah handset yang jauh lebih besar yang bersaing d…

Ini Dia Apartemen Murah di Jakarta yang Dapat Anda Miliki

Bagi Anda yang sedang mencari sebuah apartemen yang murah, maka tidak perlu merasa khawatir lagi, karena saat ini ada banyak developer maupun perorangan yang jual apartemen yang dapat untuk Anda beli dengan harga yang memang lah murah. Sedangkan dibalik dari harganya yang murah tersebut pun menjadikan para masyarakat menjadi tergiur untuk membelinya, baik untuk dijadikan sebagai investasi maupun dijadikan untuk tempat tinggal utama. Karena memang apartemen merupakan kebutuhan utama yang wajib untuk dipenuhi dengan sebaik mungkin agar kesejahteraan hidup pun juga terpenuhi dengan baik. 
Jika Anda memiliki sebuah impian untuk memiliki sebuah apartemen, maka tidak perlu merasa bingung lagi dalam hal melakukan pembeliannya, karena sekarang ini sudah ada Developer yang akan menyediakan Anda apartemen dengan harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan melakukan pembelian apartemen ditempat yang lainnya. Karena memang Developer ini sekarang telah menjalin kerjasama dengan pengemban…

Tempat Hangout Asik di Tangsel untuk kamu Penyuka Foto OOTD

Jika kamu tinggal di daerah Tangerang Selatan, baik itu di perumahan atau di apartemen Tangerang Selatan, kamu pasti membutuhkan tempat untuk nongkrong sesekali dengan keluarga atau dengan kerabat kamu untuk sekedar ngopi atau berfoto. Berikut adalah beberapa rekomendasi yang sudah kami kumpulkan. 
1. Unison Cafe: Unison Cafe ini letaknya di Tangerang Selatan, lebih tepatnya di Ruko Golden 8 Blok H/5, Gading Serpong. Dalam cafe ini ada 3 lantai dan semuanya bernuansa tosca dan pink yang instagramable banget. Selain itu, cafe instagramable ini juga menjual aneka makanan dan minuman yang cantik dan tentunya bisa menghiasi Instagram kamu. 
2. Hammock Cafe: Di sini hammock menjadi pengganti kursi, membuat kamu pengunjung pastinya bisa cemal cemil serta ngobrol santai sambil berayun-ayun kecil. 
3. Travel Mie: Travel Mie menjadi tempat nongkrong pembuka yang ada di Tangerang yang akan kita bahas, sebuah tempat nongkrong di tangerang kota yang bener-bener pas banget untuk kamu y…